Pengertian Ekstensi Dan Dial Plan Di Server VoIP
Berbeda dengan PBX yang memiliki ekstensinya biasanya berasosiasi dengan telephone, pada Asterisk ektension ini di definisikan sebagai sekumpulan perintah untuk dijalankan. Pada saat ekstension di dial perintsah yang di beri tanda 1 akan lebih dulu di jalankan, jilanjutkan dengan nomor 2 dan seterusnya hingga telephone di letakkan.
Komponen yang membangun tahapan ekstension atau command line adalah sebagai berikut :
1. Extension adalah sebuah string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telephone.
2. Priority adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Seperti perintah yang pertama dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.
3. Command adalah aplikasi yang akan di jalankan oleh Asterisk.
4. Parameter adalah parameter yang harus di berikan kepada sebuah command , perlu diketahui juga bahwa tidak semua command membutuhkan parameter.
Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch :
Komponen yang membangun tahapan ekstension atau command line adalah sebagai berikut :
1. Extension adalah sebuah string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telephone.
2. Priority adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Seperti perintah yang pertama dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.
3. Command adalah aplikasi yang akan di jalankan oleh Asterisk.
4. Parameter adalah parameter yang harus di berikan kepada sebuah command , perlu diketahui juga bahwa tidak semua command membutuhkan parameter.
Pengertian Ekstensi
Apa itu Ekstensi dalam server VoIP ? merupakan label dari extension, dapat berupa sebuah string berupa angka, huruf dan simbol yang ada atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang valid atau sama.
Pengertian Dial Plan
Apa itu Dial Plan dalam server VoIP ? Dial Plan berguna sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX secara lokal maupun antar IP-PBX atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Intinya setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang telah terdaftar di Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama terhadap id user.
Konfigurasi Ekstensi Dan Dial Plan Pada Server Softswitch :
- Konfigurasi Data Account Umum (General) --> Context Umum (harus ada context=default) --> Nama context user port=5060 --> default port untuk SIP binaddr-0.0.0.0 --> listen semua ip_addr yang request srvlookup=yes tos=0x18 videosupport=yes
- Konfigurasi Data Account User/Etensions ;softphone -->nama atau nomor account [101] type=friend --> tipe account username=101 -->login account secret=101 --> password account host=dynamic --> host yang menjadi IP PBX, dapat berubah nat=no -->mekanisme canreinvite mailbox=101@voipkn -->username@context
Sekarang untuk mengkonfigurasi dial plan server softswitch, editlah file extensions.conf dengan menggunakan perintah :
nano /etc/asterisk/extensions.conf
Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah di nonaktifkan.Kemudian ketikkan perintah berikut ini pada file extensions.conf pada bagian paling bawah :
pada file extensions.conf pada bagian paling bawah :
exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) --> Dial extensions 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
exten =>101,2,Hangup --> setelah timeout dilakukan hangup exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten =>102,2Hangup
1. Konfigurasi Ekstensi server Softswitch :
Konfigurasi Data Umum:
Konfigurasi Data Umum:
[general] -->> context umum,harus ada c
ontext=default -->> nama context user
port=5060 -->> default port untuk SIP
binaddr=0.0.0.0 -->> listen semua ip_addr yg request
srvlookup=yes
tos=0x18
videosupport=yes
Konfigurasi Account user:
;softphone -->> nama atau nomor account
[101] -->> user/extension
type=friend -->> tipe account
username=101 -->> login account
secret=101 -->> password account
host=dynamic -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah
nat=no -->> tanpa NAT
dtmfmode=rfc2833 -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals allow=all -->> mode codec, bisa semua jenis codec
callerid=”sip00” -->> id client
context=voipkn -->> context jaringan user
canreinvite=no -->> mekanisme canreinvite
mailbox=101@voipkn -->> username@contex
2. Konfigurasi Dial plan server Softswitch
sekarang untuk mengkonfigurasi dial plant kita edit file extensions.conf dengan cara menuliskan perintah.
nano /etc/asteriks/extensions.conf
Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.
;Dial antar ekstensi pada IP-PBX [voipkn] -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’ exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) /*Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik*/
exten =>101,2,Hangup /*setelah timeout dilakukan hangup*/
exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten =>102,2,Hangup
0 komentar:
Posting Komentar